by

Erick Thohir dan Luhut Binsar Pandjaitan Jajaki Kerja Sama Ekonomi dengan UEA, Percepat Pertumbuhan Ekonomi Paska Pandemi Covid-19

SUARAMEDIASARANA.COM | Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri BUMN, Erick Thohir telah menyelesaikan kunjungannya ke Abu Dhabi dan Riyadh. Keduanya bertemu dengan Yang Mulia Mohamed Bin Zayed Al Nahyan, Putera Mahkota Abu Dhabi.

Selain putera mahkota, mereka juga bertemu dengan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA, Khalid al-Falih, Menteri Investasi Arab Saudi dan Ibrahim Abdulaziz Al-Assaf, Menteri Keuangan Arab Saudi. Kunjungan tersebut dilakukan untuk mempererat hubungan strategis bidang investasi dan ekonomi.

Luhut menyatakan bahwa kerja sama antara Indonesia dengan UAE perlu ditingkatkan. Terlebih untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi paska Covid-19.

Senada dengan Luhut, Menteri BUMN Erick berharap kerjasama invetasi dan ekonomi dapat terwujud dengan partisipasi UAE dan Arab Saudi di Sovereign Wealth Fund (SWF). Selain itu juga kerja sama di proyek-proyek BUMN antara lain Bank Syariah BUMN, investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, serta ketertarikan Indonesia dalam membangun Rumah Indonesia di Mekkah untuk jemaah umroh dan haji.

Pada kunjungan ini, Menteri BUMN juga memberikan paparan mengenai transformasi BUMN yang saat ini sudah berjalan. Saat ini jumlah klaster berkurang dari 27 ke 12.

Erick juga memaparkan gambaran pengelolaan perusahaan BUMN yang sesuai good corporate governance dan banyak kinerja perusahaan BUMN di bursa saham indonesia yang diapresiasi oleh market. Kemajuan dari transformasi ini sangat diapresiasi oleh Pemerintah UAE dan Arab Saudi.

Kedatangan vaksin telah memberikan berita baik di bidang perekonomian. Namun, tanpa kerja sama yang nyata dalam investasi dan ekonomi, pemulihan ekonomi Indonesia tidak akan optimal./*red

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed